5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

5 Tips Ampuh Memilih Laptop Gaming Berkualitas – Apakah kamu seorang gamer? jika iya, maka kamu tidak asing jika mendengar kata Laptop Gaming. Laptop gaming adalah laptop yang dikhususkan bagi para pecinta game yang ingin memainkan berbagai game menarik dari yang ringan sampai yang paling berat sekalipun. Laptop Gaming hadir dengan spesifikasi yang biasanya melebihi spesifikasi rata-rata laptop pada umumnya. Jika kamu ingin membeli laptop gaming, maka kamu harus memperhatikan dulu spesifikasi yang ditawarkan, sehingga kamu tidak merasa kekurangan atau merasa tidak pas saat bermain game di laptop tersebut.

Jika pilihan kamu tepat, kamu juga bisa menggunakan laptop gaming untuk keperluan lain seperti multimedia dan pekerjaan kantor. Kamu dapat mencari informasi di internet tentang apa saja detail spesifikasi yang ditawarkan pada laptop gaming yang ada di pasaran. Kamu dapat menyimak beberapa tips dibawah ini agar kamu tidak salah memilih saat akan membeli laptop gaming.

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

1. Proccessor

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih laptop gaming adalah dari segi prosesor-nya. Nah, untuk hal ini kamu dapat menyesuaikan dengan keperluan gaming kamu. Jika kamu adalah seorang gamer yang suka bermain game-game berat seperti GTA V, Far Cry, atau Overwatch, minimal kamu dapat memilih proccessor intel core i5 untuk para pengguna intel, atau AMD seri A10, FC Series sampai Ryzen 3 untuk para pengguna AMD.

Namun, jika kamu adalah seorang gamer yang gemar memainkan game-game ringan offline maupun online seperti DOTA 2, kamu bisa memilih proccessor intel core i3 atau intel g4565 untuk para pengguna Intel, atau proccessor jenis A4 untuk pengguna AMD.

Dan untuk kamu yang seorang gamer yang ingin merasakan pengalaman gaming yang menarik dengan performa yang mumpuni, kamu dapat menggunakan proccessor intel core i7 kabylake atau AMD Ryzen 5 sampai Ryzen 7.

Lalu, Apa Perbedaan Antara Intel dan AMD ?

Untuk hal ini, sebenarnya kamu tidak usah bingung karena keduanya sama-sama memiliki performa yang baik. Namun menurut saya Intel sedikit lebih unggul karena lebih cepat dan juga dapat menghemat daya. Keunggulan AMD ada di sektor harga yang terpaut lebih murah jika dibandingkan dengan Intel. Semuanya tergantung selera kamu, kedua proccessor tersebut sama-sama memiliki performa yang dapat diandalkan.

2. VGA Laptop (Video Graphic Adapter)

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

VGA adalah salah satu komponen penting yang harus kamu perhatikan selain prosesor. Kartu grafis atau VGA adalah komponen yang dapat menunjang kinerja prosesor dalam mengolah data grafis menjadi lebih baik lagi. VGA memiliki banyak jenis yang dapat kamu pilih dan dapat kamu sesuaikan untuk keperluan gaming kamu. Sebenarnya didalam motherboard sendiri sudah menyertakan VGA atau biasa disebut VGA on Board, namun VGA tersebut tidak dapat mensupport prosesor dalam hal bermain game karena game sendiri memerlukan performa VGA yang lebih tingi agar dapat lancar dalam memainkannya.

Untuk kamu yang ingin bermain game dengan setting game high atau yang tinggi, kamu dapat memilih laptop dengan VGA dari NVidia GTX Series, seperti GTX 950, GTX 960, GTX 970, sampai GTX 980. Selain AMD kamu juga dapat memilih VGA dari AMD RX series, seperti RX 550, RX 560, sampai RX 570 dan lebih tinggi lagi.

3. RAM Laptop (Random Acces Memory)

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

Selain kedua komponen diatas tadi, ada satu komponen yang juga tidak boleh dilewatkan dalam hal keperluan gaming, yaitu RAM. RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data yang sedang digunakan dalam proses bermain game atau proses kerja lainnya. Jadi, semakin besar kapasitas RAM yang kamu pilih, maka semakin lancar juga saat kamu bermain game dari yang ringan hingga yang berat sekalipun.

Lalu, berapakah kapasitas RAM yang cocok untuk keperluan gaming ?

Memilih RAM untuk keperluan gaming sebenarnya dapat kamu sesuaikan. Jika kamu ingin memainkan game yang tergolong ringan hinggga yang agak berat, kamu bisa memilih RAM dengan kapasitas 2 GB hingga 4 GB. Jika kamu ingin memainkan game berat seperti GTA V, Overwatch atau yang lainnya, kamu dapat memilih RAM dengan kapasitas 8 GB sampai 16 GB.

RAM memiliki beberapa tipe mulai dari DDR2 sampai DDR4. Umumnya RAM sekarang memiliki tipe DDR3 namun sudah mulai ditinggalkan. Lebih baik kamu memilih laptop dengan RAM DDR4 karena memiliki kelebihan transfer data yang lebih cepat, sehingga dapat membuat game yang kamu mainkan menjadi lebih lancar dan tidak patah-patah.

4. Harddisk Laptop

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

Harddisk merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data yang ada di laptop. Perbedaan dari RAM dan Harddisk adalah dari segi fungsinya. RAM memiliki fungsi menyimpan data yang sedang terproses di kerja system dan bersifat sementara, sedangkan Harddisk berfungsi menyimpan data yang bersifat permanen.

Untuk laptop gaming, disarankan untuk memilih laptop yang memiliki harddisk berkapasitas 1 TB. Hal itu dikarenakan game-game sekarang sudah memiliki ukuran yang relatif besar dan memerlukan penyimpanan data yang besar pula. Untuk kecepatan, minimal kamu dapat memilih harddisk yang berkecepatan 5400 RPM. Semakin besar kecepatan harddisk, maka semakin cepat juga proses transfer data atau proses penyimpanan data di harddisk tersebut. Selain itu, harddisk dengan RPM tinggi juga dapat membuat loading game yang kamu mainkan menjadi lebih cepat. Selain Harddisk, ada juga SSD (Solid State Drive) yang memiliki kecepatan 2 kali lipat dibanding Harddisk (HDD). Namun biasanya SSD yang ada di laptop memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan Harddisk.

5. Harga dan Garansi Pemakaian

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli Laptop Gaming

Hal terakhir yang dapat kamu perhatikan selain 4 hal diatas adalah soal harga. Mungkin dari kamu semua yang suka bermain game tentu ingin memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi. Namun hal tersebut tidak dapat tercapai karena terkendala biaya atau budget yang terbatas. Sebaiknya kamu memilih laptop gaming yang memiliki harga yang sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Jika kamu khawatir dengan kualitas, kamu dapat memilih laptop berkualitas yang diproduksi oleh perusahaan yang memang sudah memiliki nama atau terkenal, contohnya seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, MSI, dan masih banyak lagi.

Selain kualitas, kamu juga harus memperhatikan garansi yang ditawarkan produsen laptop tersebut. Minimal garansi yang biasanya diberikan adalah satu tahun, namun jika kualitas laptop tersebut memang terbukti bagus, para produsen juga berani memberikan garansi selama 2 tahun. Kamu juga harus memperhatikan ketersediaan service center di daerah kamu. Percuma juga kan jika memiliki garansi namun tidak ada service centernya. Sebenarnya ada jika di daerah lain, namun kamu akan kesulitan jika laptop kamu mengalami kerusakan dan harus mengirim ke luar kota. Merek-merek terkenal seperti tadi biasanya memiliki pelayanan service yang memuaskan. Jadi tidak usah khawatir jika laptop kamu mengalami masalah karena dapat segera terselesaikan dengan bantuan tenaga ahli.

Demikianlah beberapa tips memilih laptop gaming berkualitas yang dapat kamu terapkan agar tidak salah memilih laptop gaming. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin kamu tanyakan, kamu dapat berkomentar dibawah dan jangan lupa share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Terima kasih.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: